FAM (Fibroadenoma Mammae)

>> Kamis, 03 November 2011

Sekitar dua minggu yang lalu aku akhirnya memutuskan untuk check up ke dokter. Dan dari diagnosa dokter ternyata memang benar aku positif terkena FAM (Fibroadenoma Mammae) atau lebih familiar disebut dengan tumor jinak payudara. Berbagai penelitian yang dilakukan selama ini belum dapat mengungkap secara pasti penyebab penyakit ini. Hanya saja dicurigai adanya hormon estrogen yang berlebihan menjadi penyebab utamanya. Dan FAM ini malah cenderung ditemui pada wanita usia muda yakni sekitar dua puluh tahun.

Untuk itulah buat semua teman-teman rajin-rajinlah memeriksa sekitar payudara siapa tau ada benjolan-benjolan yang besar kemungkinan adalah tumor dengan teknik pemeriksaan sendiri (SADARI). Dan jika memang menemukan ada benjolan, maka segera cek ke dokter. Jangan ditunda!
FAM ini jika masih berukuran kecil dan belum terasa nyeri maka masih bisa disembuhkan dengan tanpa operasi. Namun jika sudah berukuran cukup besar dan terasa nyeri, maka pengangkatan FAM dengan jalan operasi perlu dilakukan.

Dan buat teman-teman semua mohon doanya untukku. Semoga aku tidak sampai harus melakukan operasi pengangkatan FAM ini. Namun sejauh ini aku masih terus bersemangat menjalani pengobatan penyakit ini.


Aku yakin Tuhan punya maksud dibalik semua ini. Dan aku juga yakin semua telah dirancangnya dengan begitu indah ^_^

0 komentar:

About this Blog

Seguidores

    © Summervina. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP