Tipe Perkecambahan Epigeal & Hipogeal

>> Selasa, 20 Maret 2012



Pertanyaan:
1. Berdasarkan video yang telah ditonton, bedakan epigeal dan hipogeal!
Jawab:
Pada perkecambahan tipe epigeal awalnya muncul akar utama dari biji suatu tumbuhan dikotil. Selanjutnya dari akar utama tersebut  bermunculan cabang-cabang akar yang semakin memanjang untuk mendapatkan daerah yang sesuai untuk pertumbuhannya. Lalu hipokotil dari calon tumbuhan tersebut akan semakin memanjang yang menyebabkan plumula beserta kotiledon tumbuhan menjadi muncul kepermukaan tanah. Proses tersebut terjadi secara perlahan-lahan. Kemudian seiring berjalannya waktu, kotiledon yang melindungi plumula akan terlepas dan jatuh ketanah dan kemudian terbentuklah tumbuhan baru yang kokoh dengan banyak daun berwarna hijau cerah.

Pada perkecambahan hypogeal awalnya muncul akar utama dari suatu biji tumbuhan monokotil. Akar utama tersebut terus tumbuh memanjang mencari daerah yang kaya zat hara untuk menopang pertumbuhannya. Kemudian plumulanya tumbuh memanjang sehingga mencapai permukaan tanah sementara dikotilnya tetap berada dibawah tanah (tidak ikut naik keatas permukaan tanah bersama plumula). Setelah plumula naik keatas permukaan tanah, dari akar utama keluarlah cabang-cabang akar yang amat banyak yang kemudian bergerak kedaerah yang memiliki sumber makanan yang diperlukan bagi pertumbuhannya, dengan begitu tumbuhan dapat tumbuh semakin kokoh.

Jadi, letak perbedaan yang paling mendasar antara perkecambahan epigeal & hipogeal adalah terletak pada kotiledonnya. Jika pada perkecambahan epigeal kotiledonnya ikut naik kepermukaan tanah bersama dengan plumulanya tetapi pada perkecambahan hypogeal hanya plumula saja yang muncul kepermukaan tanah sedangkan kotiledonnya tetap berada dibawah permukaan tanah. Selain itu hal lain yang membedakan pada perkecambahan epigeal umumnya terjadi pada tumbuhan dikotil. Hal tersebut dapat dilihat dari akar yang terbentuk yang umumnya tunggang dan daun yang umumnya menyirip. Sebaliknya perkecambahan hypogeal umumnya terjadi pada tumbuhan monokotil karena akar yang terbentuk umumnya serabut dengan daun yang umumnya sejajar.
2. Bagaimana terjadinya perubahan struktur biji menjadi batang dan akar? Bagaimana arahnya sehingga bisa dibedakan antara hypogeal dan epigeal?
Jawab :

Pada perkembangan embrio saat berkecambah, bagian plumula tumbuh dan berkembang menjadi batang, sedangkan radikula menjadi akar. Tipe perkecambahan ada dua macam, tipe itu sebagai berikut.


a. Tipe perkecambahan di atas tanah (Epigeal)
Tipe ini terjadi, jika plumula dan kotiledon muncul di atas permukaan tanah.

b. Tipe perkecambahan di bawah tanah (Hipogeal)
Tipe ini terjadi, jika plumula muncul ke permukaan tanah sedangkan kotiledon tinggal di dalam tanah.


3. Beri contoh tumbuhan yang termasuk hypogeal (3) dan epigeal (3)!
Jawab:
A) Contoh tumbuhan yang termasuk epigeal berdasarkan video yang telah ditonton antara lain:
a.Kedelai
b. Anggur merah
c.Kacang hijau

B). Contoh tumbuhan yang termasuk hypogeal berdasarkan video yang telah ditonton antara lain:
a. Jagung
b. Kacang Kapri
c. Rumput



0 komentar:

About this Blog

Seguidores

Blog Archive

    © Summervina. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP