[EVALUASI] RANGKUMAN PENGERTIAN, JENIS, DAN TEKNIK PENILAIAN

>> Kamis, 04 Oktober 2012



A. Pengertian Penilaian
Penilaian merupakan suatu proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal/ unjuk kerja), analisis, interpretasi informasi untuk membuat keputusan.

B. Jenis-jenis Penilaian
a. Jenis Penilaian berdasarkan waktu penilaian, meliputi:
1. Tes Formatif : penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Penilaian formatif berorientasi pada proses, yang akan memberikan informasi kepada guru apakah program atau proses belajar mengajar masih perlu diperbaiki.
2. Tes Sumatif : penilaian yang dilaksanakan pada akhir unit program misalnya penilaian yang dilaksanakan pada akhir caturwulan, akhir semester atau akhir tahun.Tujuan penilaian ini adalah untuk mengetahui hasil yang dicapai oleh para siswa, yakni seberapa jauh siswa telah mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum. Penilaian ini berorientasi pada produk/hasil.
Di antara penilaian formatif dan penilaian sumatif, terdapat Tes Sub Sumatif. Penilaian ini biasa dilaksanakan di akhir bab pelajaran (ujian blok).
b. Jenis Penilaian berdasarkan kegunaan:
1. Tes Selektif : penilaian yang dilaksanakan dalam rangka menyeleksi atau menyaring. Memilih siswa untuk mewakili sekolah dalam lomba-lomba tertentu termasuk jenis penilaian selektif. Untuk kepentingan yang lebih luas penilaian selektif misalnya seleksi penerimaan mahasiswa baru atau seleksi yang dilakukan dalam rekrutmen tenaga kerja.
2. Tes Diagnostik : penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya. Pelaksanaan penilaian semacam ini biasanya bertujuan untuk keperluan bimbingan belajar, pengajaran remedial, menemukan kasus-dasus dan lain-lain.
3. Tes Penempatan : penilaian yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan prasyarat yang diperlukan bagi suatu program belajar dan penguasaan belajar seperti yang diprogramkan sebelum memulai kegiatan belajar untuk program itu. Dengan kata lain penilaian ini berorientasi pada kesiapan siswa untuk menghadapi program baru dan kecocokan program belajar dengan kemampuan yang telah dimiliki siswa.

C. Teknik/ Cara Penilaian
Teknik penilaian yang dapat digunakan pada satuan pendidikan antara lain: Teknik Penilaian Unjuk Kerja (Performance), Teknik Penilaian Penugasan  (Project Work), Teknik Penilaian Hasil Kerja (Produk), Teknik Penilaian Tertulis, Teknik Penilaian Portofolio, Teknik Penilaian Sikap, dan Teknik Penilaian Diri.


Teknik/ Cara Penilaian
Ada tujuh teknik penilaian yang digunakan pada tingkat satuan pendidikan, yakni:
1. Teknik Penilaian Unjuk Kerja (Performance)
Teknik Penilaian Unjuk Kerja adalah teknik penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan kemahirannya dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan tertentu. Tes ini dapat dilakukan untuk menilai proses, produk, serta proses dan produk. Tes ini dilakukan untuk memperoleh data tentang unjuk kerja yang dipertunjukkan oleh peserta didik. Contohnya seorang peserta didik disuruh membedah katak saat praktikum di Laboratorium. Jadi, yang dinilai adalah proses maupun hasil dari pembedahan yang dilakukan peserta didik .
2. Teknik Penilaian Penugasan  (Project Work)
Teknik Penilaian Penugasan adalah teknik yang menuntut peserta didik menyelesaikan tugas di luar kegiatan pembelajaran. Penugasan dapat diberikan dalam bentuk individual atau kelompok dan dapat berupa tugas rumah atau projek. Tugas rumah adalah tugas yang harus diselesaikan peserta didik di luar kegiatan kelas sedangkan tugas projek adalah tugas yang melibatkan kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu. Contohnya penilai memberikan tugas dengan tetap memperhatiakn kompetensi yang ingin dicapai kepada peserta didik. Karena penilai baru saja membahas mengenai pencemaran lingkungan, maka penilai memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari contoh di lingkungan sehari-hari peserta didik yang merupakan akibat dari pencemaran lingkungan. Selanjutnya dari tugas tersebut penilai melakukan penilaian.
3. Teknik Penilaian Hasil Kerja (Produk)
Teknik Penilaian Hasil Kerja adalah teknik penilaian terhadap proses pembuatan dan kualitas suatu produk. Misalnya setelah menjelaskan tentang materi “Bioteknologi” maka penilai menugaskan siswa secara berkelompok membuat tempe. Setelah proses pembuatan tempe selesai, maka nantinya tempe buatan peserta didik akan dinilai oleh penilai baik dari segi proses pembuatan maupun kualitas tempe yang dihasilkan.
4.Teknik Penilaian Tertulis
Teknik Penilaian Tertulis adalah jenis tes dimana guru secara tertulis mengajukan pertanyaan/ soal dan kemudian peserta didik akan menjawab soal yang diberikan tersebut secara tertulis juga. Pelaksanaannya tes tertulis dapat dilakukan dalam bentuk penilaian uraian dan penilaian objektif. Contoh pada saat ulangan harian maupun semester biasanya penilai cenderung menggunakan teknik penilaian tertulis dengan membuat soal-soal yang berkaitan dengan kompetensi yang ingin dicapai.
5. Teknik Penilaian Portofolio
Teknik Penilaian Portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta didik. Portofolio adalah kumpulan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan kreativitas peserta didik. Contohnya penilai meminta peserta didik untuk mengumpulkan karyanya misalnya laporan praktikum. Nantinya setelah tekumpul kemudian disimpan dalam 1 map atau folder. Penilai nantinya melakukan penilaian terhadap karya-karya peserta didik tersebut.
6. Teknik Penilaian Sikap
Teknik Penilaian Sikap adalah penilaian yang dilakukan penilai untuk mengetahui sikap peserta didik yang dapat dilihat dari respon peserta didik. Contoh penilai yang merasa bahwa satu diantara peserta didiknya selalu mengalami kesulitan untuk mencapai ketuntasan belajar secara maksimal. Sehingga penilai kemudian melakukan penilaian sikap terhadap peserta didik tersebut dengan mengamati perilaku peserta didik, dengan menanyakan secara langsung ataupun dengan adanya laporan pribadi dari peserta didik tersebut.
7. Teknik Penilaian Diri
Teknik Penilaian Diri adalah teknik  penilaian dengan cara meminta peserta didik mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya yang berkaitan dengan proses dan tingkat ketercapaian kompetensi yang sedang dipelajarinya dari suatu mata pelajaran tertentu.  Misalnya penilai meminta laporan evaluasi diri dari peserta didik yang mencakup keterampilan yang telah dikuasai maupun yang belum dikuasai dalam menggunakan mikroskop secara benar sesuai prosedur. Dari laporan yang dibuat peserta didik maka penilai melakukan penilaian.

0 komentar:

About this Blog

Seguidores

    © Summervina. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP