[EVALUASI] RANGKUMAN PENGERTIAN, JENIS, DAN TEKNIK PENILAIAN
>> Kamis, 04 Oktober 2012
A. Pengertian Penilaian
Penilaian
merupakan suatu proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka,
deskripsi verbal/ unjuk kerja), analisis, interpretasi informasi untuk membuat
keputusan.
B. Jenis-jenis Penilaian
a.
Jenis Penilaian berdasarkan waktu penilaian, meliputi:
1. Tes Formatif :
penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Penilaian
formatif berorientasi pada proses, yang akan memberikan informasi kepada guru
apakah program atau proses belajar mengajar masih perlu diperbaiki.
2. Tes Sumatif
: penilaian yang dilaksanakan pada akhir unit program misalnya penilaian yang
dilaksanakan pada akhir caturwulan, akhir semester atau akhir tahun.Tujuan
penilaian ini adalah untuk mengetahui hasil yang dicapai oleh para siswa, yakni
seberapa jauh siswa telah mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum.
Penilaian ini berorientasi pada produk/hasil.
Di antara penilaian
formatif dan penilaian sumatif, terdapat Tes
Sub Sumatif. Penilaian ini biasa dilaksanakan di akhir bab pelajaran (ujian
blok).
b. Jenis Penilaian
berdasarkan kegunaan:
1. Tes Selektif : penilaian yang
dilaksanakan dalam rangka menyeleksi atau menyaring. Memilih siswa untuk
mewakili sekolah dalam lomba-lomba tertentu termasuk jenis penilaian selektif.
Untuk kepentingan yang lebih luas penilaian selektif misalnya seleksi
penerimaan mahasiswa baru atau seleksi yang dilakukan dalam rekrutmen tenaga
kerja.
2. Tes Diagnostik
: penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta
faktor-faktor penyebabnya. Pelaksanaan penilaian semacam ini biasanya bertujuan
untuk keperluan bimbingan belajar, pengajaran remedial, menemukan kasus-dasus
dan lain-lain.
3. Tes Penempatan
: penilaian yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan prasyarat yang diperlukan
bagi suatu program belajar dan penguasaan belajar seperti yang diprogramkan
sebelum memulai kegiatan belajar untuk program itu. Dengan kata lain penilaian
ini berorientasi pada kesiapan siswa untuk menghadapi program baru dan
kecocokan program belajar dengan kemampuan yang telah dimiliki siswa.
C. Teknik/ Cara Penilaian
Teknik penilaian
yang dapat digunakan pada satuan pendidikan antara lain: Teknik Penilaian Unjuk
Kerja (Performance), Teknik Penilaian Penugasan
(Project Work), Teknik Penilaian Hasil Kerja (Produk), Teknik Penilaian
Tertulis, Teknik Penilaian Portofolio, Teknik Penilaian Sikap, dan Teknik
Penilaian Diri.
Teknik/ Cara Penilaian
Ada tujuh teknik
penilaian yang digunakan pada tingkat satuan pendidikan, yakni:
1. Teknik Penilaian
Unjuk Kerja (Performance)
Teknik Penilaian
Unjuk Kerja adalah teknik penilaian yang menuntut peserta didik
mendemonstrasikan kemahirannya dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan
tertentu. Tes ini dapat dilakukan untuk menilai proses, produk, serta proses
dan produk. Tes ini dilakukan untuk memperoleh data tentang unjuk kerja yang
dipertunjukkan oleh peserta didik. Contohnya seorang peserta didik disuruh
membedah katak saat praktikum di Laboratorium. Jadi, yang dinilai adalah proses
maupun hasil dari pembedahan yang dilakukan peserta didik .
2. Teknik Penilaian
Penugasan (Project Work)
Teknik Penilaian
Penugasan adalah teknik yang menuntut peserta didik menyelesaikan tugas di luar
kegiatan pembelajaran. Penugasan dapat diberikan dalam bentuk individual atau
kelompok dan dapat berupa tugas rumah atau projek. Tugas rumah adalah tugas
yang harus diselesaikan peserta didik di luar kegiatan kelas sedangkan tugas
projek adalah tugas yang melibatkan kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan
pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu. Contohnya penilai
memberikan tugas dengan tetap memperhatiakn kompetensi yang ingin dicapai
kepada peserta didik. Karena penilai baru saja membahas mengenai pencemaran
lingkungan, maka penilai memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari
contoh di lingkungan sehari-hari peserta didik yang merupakan akibat dari
pencemaran lingkungan. Selanjutnya dari tugas tersebut penilai melakukan
penilaian.
3. Teknik Penilaian
Hasil Kerja (Produk)
Teknik Penilaian
Hasil Kerja adalah teknik penilaian terhadap proses pembuatan dan kualitas
suatu produk. Misalnya setelah menjelaskan tentang materi “Bioteknologi” maka
penilai menugaskan siswa secara berkelompok membuat tempe. Setelah proses
pembuatan tempe selesai, maka nantinya tempe buatan peserta didik akan dinilai
oleh penilai baik dari segi proses pembuatan maupun kualitas tempe yang
dihasilkan.
4.Teknik Penilaian
Tertulis
Teknik Penilaian
Tertulis adalah jenis tes dimana guru secara tertulis mengajukan pertanyaan/
soal dan kemudian peserta didik akan menjawab soal yang diberikan tersebut
secara tertulis juga. Pelaksanaannya tes tertulis dapat dilakukan dalam bentuk
penilaian uraian dan penilaian objektif. Contoh pada saat ulangan harian maupun
semester biasanya penilai cenderung menggunakan teknik penilaian tertulis
dengan membuat soal-soal yang berkaitan dengan kompetensi yang ingin dicapai.
5. Teknik Penilaian
Portofolio
Teknik Penilaian
Portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai hasil karya
peserta didik. Portofolio adalah kumpulan karya peserta didik dalam bidang
tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi,
dan kreativitas peserta didik. Contohnya penilai meminta peserta didik untuk
mengumpulkan karyanya misalnya laporan praktikum. Nantinya setelah tekumpul
kemudian disimpan dalam 1 map atau folder. Penilai nantinya melakukan penilaian
terhadap karya-karya peserta didik tersebut.
6. Teknik Penilaian
Sikap
Teknik Penilaian
Sikap adalah penilaian yang dilakukan penilai untuk mengetahui sikap peserta
didik yang dapat dilihat dari respon peserta didik. Contoh penilai yang merasa
bahwa satu diantara peserta didiknya selalu mengalami kesulitan untuk mencapai
ketuntasan belajar secara maksimal. Sehingga penilai kemudian melakukan
penilaian sikap terhadap peserta didik tersebut dengan mengamati perilaku
peserta didik, dengan menanyakan secara langsung ataupun dengan adanya laporan
pribadi dari peserta didik tersebut.
7. Teknik Penilaian
Diri
Teknik Penilaian
Diri adalah teknik penilaian dengan cara
meminta peserta didik mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya yang
berkaitan dengan proses dan tingkat ketercapaian kompetensi yang sedang
dipelajarinya dari suatu mata pelajaran tertentu. Misalnya penilai meminta laporan evaluasi diri
dari peserta didik yang mencakup keterampilan yang telah dikuasai maupun yang
belum dikuasai dalam menggunakan mikroskop secara benar sesuai prosedur. Dari
laporan yang dibuat peserta didik maka penilai melakukan penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar