[EVALUASI] PENGERTIAN EVALUASI, PENGUKURAN, PENILAIAN, DAN TES MENURUT PARA AHLI
>> Jumat, 08 Maret 2013
A.
Pengertian Evaluasi
1.
Menurut Suharsimi Arikunto (2004), evaluasi adalah kegiatan
untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya
informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan.
2.
Menurut Gronlund (1985), evaluasi adalah suatu proses yang
sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan, sampai sejauh mana tujuan
program telah tercapai.
3.
Menurut Zainul dan Nasution (2001), evaluasi dapat
dinyatakan sebagai suatu proses pengambilan keputusan dengan menggunakan
informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar, baik yang
menggunakan instrumen tes maupun non tes.
4.
Menurut Purwanto (2002), evaluasi merupakan suatu proses
yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauhmana
tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.
5.
Menurut Sutarsih dan Kadarsih, evaluasi adalah suatu proses
untuk memberikan atau menentukan nilai kepada obyek tertentu berdasarkan suatu
kriteria tertentu.
B.
Pengertian
Pengukuran
1.
Menurut Alwasilah et
al (1996), pengukuran merupakan proses yang mendeskripsikan performance siswa
dengan menggunakan skala kuantitatif (sistem angka) sedemikian rupa sehingga
sifat kualitatif dari performance siswa tersebut dinyatakan dengan angka-angka.
2.
Menurut Wiersma & Jurs (1990), pengukuran adalah
penilaian numeric pada fakta-fakta dari objek yang hendak diukur menurut
kriteria atau satuan-satuan tertentu.
3.
Menurut Endang Purwanti (2008), pengukuran dapat diartikan
sebagai kegiatan atau upaya yang dilakukan untuk memberikan angka-angka pada
suatu gejala atau peristiwa, atau benda, sehingga hasil pengukuran akan selalu
berupa angka.
4.
Menurut Gronlund (2007), pengukuran adalah suatu kegiatan
atau proses untuk memperoleh deskripsi numerik dan tingkatan atau derajat
karakteristik khusus yang dimiliki individu.
5.
Menurut Kerlinger (1996), pengukuran adalah membandingkan
sesuatu yang diukur dengan alat ukurnya dan kemudian menerapkan angka menurut
sistem aturan tertentu.
C.
Pengertian
Penilaian
1.
Menurut Nana Sudjana, penilaian adalah proses memberikan
atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria
tertentu.
2.
Menurut Eko Putro Widoyoko, penilaian dapat diartikan
sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun
aturan-aturan tertentu.
3.
Menurut Gronlund (1984), penilaian sebagai proses sistematik
pengumpulan, penganalisaan, dan penafsiran informasi untuk menentukan sejauh
mana siswa mencapai tujuan.
4.
Menurut Depag (2007), penilaian adalah suatu usaha untuk
mengumpulkan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang
proses dan hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa melalui kegiatan belajar
mengajar yang ditetapkan sehingga dapat dijadikan dasar untuk menentukan
langkah selanjutnya.
5.
Menurut Suharsimi, penilaian adalah suatu usaha yang
dilakukan dalam pengambilan keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik-buruk
yang bersifat kualitatif.
D.
Pengertian Tes
1.
Menurut F.L. Goodeneough, tes adalah suatu tugas atau
serangkaian tugas yang diberikan kepada individu atau sekelompok individu
dengan maksud untuk membandingkan kecakapan mereka satu dengan yang lain.
2.
Menurut Sudijono (2011), tes adalah cara yang dapat
dipergunakan atau prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengukuran dan
penilaian di bidang pendidikan, yang berbentuk pemberian tugas atau serangkaian
tugas baik berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, atau
perintah-perintah yang harus dikerjakan oleh testee, sehingga atas dasar data
yang diperoleh dari hasil pengukuran tersebut dapat dihasilkan nilai yang
melambangkan tingkah laku atau prestasi testee; nilai mana dapat dibandingkan
dengan nilai-nilai yang dicapai oleh testee lainnya atau dibandingkan dengan
nilai standar tertentu.
3.
Menurut Riduwan (2006), tes sebagai instrumen pengumpulan
data adalah serangkaian pertanyaan/latihan yang digunakan untuk mengukur
keterampilan pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki
individu/kelompok.
4.
Menurut Allen Philips, tes biasanya diartikan sebagai alat
atau instrumen dari pengukuran yang digunakan untuk memperoleh data tentang
suatu karakteristik atau ciri yang spesifik dari individu atau kelompok.
5.
Menurut Rusli Lutan (2000), tes adalah sebuah instrument
yang dipakai untuk memperoleh informasi tentang seseorang atau obyek.
0 komentar:
Posting Komentar