[EVALUASI] Soal Biologi C1-C6

>> Jumat, 08 Maret 2013




C1 (Menghapal)

1)  Mengenali
Indikator soal: Menyebutkan organ pokok yang terdapat pada tumbuhan.
Di bawah ini yang merupakan organ pokok pada tumbuhan adalah....
a. akar, batang, bunga
b. akar, batang, buah
c. batang, daun, bunga
d. akar, batang, daun
e. batang, daun, buah

2) Mengingat
Indikator soal: Menyebutkan  nama ilmuwan berdasarkan teori yang dikemukakannya.
Siapa ilmuwan yang berhasil membuktikan  teori Oparin?
a. Harold Urey
b. Stanley Miller
c. F. Redi
d. L. Pasteur
e. Aristoteles

Soal C2 (Memahami)

3) Menafsirkan
Indikator soal: Mengubah tampilan data pertumbuhan tanaman ke dalam bentuk diagram batang.
Di bawah ini adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran pertumbuhan tinggi tanaman tomat:
Minggu ke-
Tinggi Tanaman (cm)
1
5
2
17
3
25

Berdasarkan data di atas, buatlah diagram batang  pertumbuhan tinggi tanaman tomat dalam kurun waktu 3 minggu!
4) Memberi contoh
Indikator soal: Menentukan contoh dari unsur makronutrien.
Di bawah ini merupakan unsur makronutrien, kecuali....
a. nitrogen
b. fosfor
c. seng
d. kalsium
e. magnesium

5) Mengklasifikasi
Indikator soal: Mengidentifikasi kelompok tumbuhan yang termasuk tumbuhan monokotil.
Kelompok tumbuhan di bawah ini yang termasuk tumbuhan monokotil adalah....

a. bambu, kelapa, pisang
b. belimbing, kelapa, rambutan
c. bambu, mangga, sagu
d. belimbing, pisang, sagu
e. rambutan, belimbing, mangga

6) Merangkum
Indikator soal: Menentukan suatu kelompok hewan berdasarkan ciri-ciri yang dipaparkan.
Merupakan metazoa yang paling sederhana dan belum mempunyai banyak macam sel. Kebanyakan merupakan hewan air dan pada umumnya hidup di laut. Tubuhnya melekat pada suatu dasar dan tidak bisa berpindah tempat dengan bebas. Bentuk tubuh seperti tabung atau jambangan bunga dengan banya lubang-lubang kecil yang berhubungan dengan seluruh saluran yang menuju ke arah dalam tubuh dan membentuk sistem saluran.
Berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki hewan di atas, dapat diketahui bahwa hewan tersebut termasuk dalam kelompok....
a. coelenterata
b. crustacea
c. porifera
d. echinodermata
e. molusca




7) Menarik inferensi
Indikator soal: Memperkirakan kodon jika diketahui kodogennya.
Apabila kodogen dalam rantai sense DNA: AGS, TAS, AAS, GTA, maka kodonnya adalah....
a. USG, AUG, UUG, SAU
b. ASS, ATS, TTG, SUT
c. TSG, ATG, TTG, SAG
d. TSG, TUG, UUG, SAT
e. STG, AUG, UUG, SAT

8) Membandingkan
Indikator soal: Membandingkan letak persamaan dan perbedaan antara transpirasi dan gutasi.
Persamaan antara transpirasi dan gutasi pada tumbuhan di bawah ini meliputi....
a. struktur yang dilewati
b. cara pengeluaran zat
c. faktor yang mempengaruhi
d. energi yang dibutuhkan
e. organ yang digunakan

9) Menjelaskan
Indikator soal: Menjelaskan keunggulan dari kultur jaringan.
Kultur jaringan merupakan metode yang terbaik saat ini untuk mendapatkan bibit tanaman yang bebas penyakit karena virus, jamur, maupun bakteri. Hal ini dikarenakan....
a. keturunan yang dihasilkannya bervariasi
b. jumlah keturunannya banyak dan seragam
c. perlakuannya serba steril
d. sifat-sifat keturunannya sama dengan induknya
e. menghemat waktu dan tempat

Soal C3 (Menerapkan)

10) Melaksanakan
Indikator soal:  Menentukan rasio hasil persilangan monohibrid
Tanaman kacang ercis berbatang tinggi disilangkan dengan kacang ercis berbatang pendek. F1 semuanya berbatang tinggi. Kemudian F1 dibiarkan mengadakan pernyerbukan sendiri. Hasil yang diperoleh yaitu F2 yang berbatang tinggi dan berbatang pendek dengan perbandingan ….
a. 1 : 3
b. 3 : 1
c. 1 : 3 : 1
d. 1 : 2 : 1
e. 1 : 2 : 3

Soal C4 (Menganalisis)

11) Mengorganisir
Indikator soal:  Mengaitkan defisiensi terhadap suatu zat makanan dengan penyakit yang ditimbulkan.
Uji biuret pada suatu produk makanan menunjukkan hasil negatif (tidak timbul warna merah atau ungu). Apabila produk makanan tersebut dijadikan sumber makanan satu-satunya, maka akan menimbulkan....
a. penyakit kwashiorkor
b. gangguan penyerapan kalsium
c. gangguan transportasi vitamin A, D, E, dan K
d. penyakit marasmus
e. pH darah tidak stabil

Soal C5 (Mengevaluasi)

12) Memeriksa
Indikator soal:  Menilai pernyataan mengenai terjadinya kembar siam.

Perhatikan pernyataan berikut ini!
Anak kembar siam dapat terjadi karena hasil pembuahan antara dua spermatozoa dengan dua ovum.  Sebab sel-sel hasil pembelahan zigot tidak mungkin memisah menjadi dua bagian dan masing-masing berkembang menjadi fetus.
Bagaimana pendapat Anda tentang pernyataan di atas? Apakah sudah benar?  Jika belum, kemukakan alasan Anda!
Pada pernyataan di atas terdapat kekeliruan. Kembar siam bukan berasal dari hasil pembuahan antara dua spermatozoa dengan dua ovum melainkan berasal dari sebuah ovum yang dibuahi oleh sebuah sel spermazoa dan membelah secara mitosis. Nantinya  sel- sel hasil pembelahan zigot yang membelah secara mitosis menjadi dua bagian tersebut masing-masing berkembang menjadi fetus.

Soal C6 (Create)

13) Membuat
Indikator soal:  Membuat pembahasan berdasarkan tabel hasil pengamatan laju transpirasi yang disajikan.
Perhatikan data di bawah ini!

No

Kondisi

Waktu

Kecepatan

Jarak gelembung yang dihasilkan tanaman Coleus (mm)

1.

Meja Praktikum

5 menit

0,00053 mm/s

0,16

2.

Kipas angin

5 menit

0,00057 mm/s

0,17

3.

Cahaya matahari

5 menit

0,00067 mm/s

0,20

Berdasarkan data di atas, buatlah pembahasan mengenai laju transpirasi yang terjadi pada 3 kondisi tersebut!

Dari hasil pengamatan tersebut, pada kondisi di meja praktikum dalam waktu 5 menit gelembung yang dihasilkan tanaman Coleus menempuh jarak 0,16 mm. Berarti kecepatan transpirasi tanaman Coleus pada kondisi ini sebesar 0.00053 mm/s. Sedangkan pada kondisi di depan kipas angin gelembung menempuh jarak 0,17mm selama 5 menit (=300 s) sehingga disimpulkan bahwa kecepatan transpirasi pada kondisi ini yaitu sebesar 0.00057 mm/s. Dan untuk kondisi di bawah cahaya matahari dalam waktu 5 menit gelembung mencapai skala 0,20 mm yang berarti kecepatan pada kondisi ini yaitu 0,00067 mm/s.
Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa kecepatan transpirasi berlangsung sangat cepat di bawah cahaya matahari dan berlangsung sangat lambat di meja praktikum (di dalam ruangan).
Jadi laju transpirasi berdasarkan data di atas dipengaruhi oleh suhu, kelembaban, cahaya, dan angin.


SOAL URAIAN BESERTA SK, KD DAN RUBRIK PENSKORAN


1) Soal C1

Standar Kompetensi: Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas Kompetensi Dasar : Menerapkan  prinsip hereditas dalam  mekanisme pewarisan sifat
Indikator soal: Menyebutkan pengertian dari salah satu persilangan menurut Mendel.
Soal: Apa yang dimaksud dengan persilangan monohibrid?
Persilangan monohibrid adalah suatu persilangan dengan satu sifat beda.
Rubrik penskoran: Skor maksimal 2

2)  Soal C1

Standar Kompetensi: Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar :  Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Indikator soal: Menyebutkan hormon yang terdapat pada tumbuhan
Soal: sebutkan 5 macam hormon pada tumbuhan!
Auksin, giberelin, sitokinin, gas etilen, asam absisat, kalin, dan asam traumalin.
Rubrik penskoran:  skor maksimal 5 (sebab maksimal menjawab 5 macam hormon sehingga satu hormon yang disebutkan mendapat poin 1)

3 komentar:

Unknown 22 Oktober 2015 pukul 06.43  

untuk c5 dan c6 materi sistem pencernaan apa tidak ada?

Miftahul Munawwarah 12 Maret 2020 pukul 15.09  
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

About this Blog

Seguidores

    © Summervina. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP