[EVALUASI] Soal Biologi C1-C6
>> Jumat, 08 Maret 2013
C1
(Menghapal)
1) Mengenali
Indikator soal: Menyebutkan organ pokok yang
terdapat pada tumbuhan.
Di bawah ini yang merupakan organ pokok pada
tumbuhan adalah....
a. akar, batang, bunga
b. akar, batang, buah
c. batang, daun, bunga
d.
akar, batang, daun
e. batang, daun, buah
2)
Mengingat
Indikator soal: Menyebutkan nama ilmuwan berdasarkan teori yang
dikemukakannya.
Siapa ilmuwan yang berhasil membuktikan teori Oparin?
a. Harold Urey
b.
Stanley Miller
c. F. Redi
d. L. Pasteur
e. Aristoteles
Soal
C2 (Memahami)
3)
Menafsirkan
Indikator soal: Mengubah tampilan data pertumbuhan
tanaman ke dalam bentuk diagram batang.
Di bawah ini adalah data yang diperoleh dari hasil
pengukuran pertumbuhan tinggi tanaman tomat:
Minggu ke-
|
Tinggi Tanaman (cm)
|
1
|
5
|
2
|
17
|
3
|
25
|
Berdasarkan data di atas, buatlah diagram
batang pertumbuhan tinggi tanaman tomat
dalam kurun waktu 3 minggu!
4)
Memberi contoh
Indikator soal: Menentukan contoh dari unsur
makronutrien.
Di bawah ini merupakan unsur makronutrien,
kecuali....
a. nitrogen
b. fosfor
c.
seng
d. kalsium
e. magnesium
5)
Mengklasifikasi
Indikator soal: Mengidentifikasi kelompok tumbuhan
yang termasuk tumbuhan monokotil.
Kelompok tumbuhan di bawah ini yang termasuk
tumbuhan monokotil adalah....
a.
bambu, kelapa, pisang
b. belimbing, kelapa, rambutan
c. bambu, mangga, sagu
d. belimbing, pisang, sagu
e. rambutan, belimbing, mangga
6)
Merangkum
Indikator soal: Menentukan suatu kelompok hewan
berdasarkan ciri-ciri yang dipaparkan.
Merupakan metazoa yang paling sederhana dan belum
mempunyai banyak macam sel. Kebanyakan merupakan hewan air dan pada umumnya
hidup di laut. Tubuhnya melekat pada suatu dasar dan tidak bisa berpindah
tempat dengan bebas. Bentuk tubuh seperti tabung atau jambangan bunga dengan
banya lubang-lubang kecil yang berhubungan dengan seluruh saluran yang menuju
ke arah dalam tubuh dan membentuk sistem saluran.
Berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki hewan di atas,
dapat diketahui bahwa hewan tersebut termasuk dalam kelompok....
a. coelenterata
b. crustacea
c.
porifera
d. echinodermata
e. molusca
7)
Menarik inferensi
Indikator soal: Memperkirakan kodon jika diketahui
kodogennya.
Apabila kodogen dalam rantai sense DNA: AGS, TAS,
AAS, GTA, maka kodonnya adalah....
a.
USG, AUG, UUG, SAU
b. ASS, ATS, TTG, SUT
c. TSG, ATG, TTG, SAG
d. TSG, TUG, UUG, SAT
e. STG, AUG, UUG, SAT
8)
Membandingkan
Indikator soal: Membandingkan letak persamaan dan
perbedaan antara transpirasi dan gutasi.
Persamaan antara transpirasi dan gutasi pada
tumbuhan di bawah ini meliputi....
a. struktur yang dilewati
b. cara pengeluaran zat
c. faktor yang mempengaruhi
d. energi yang dibutuhkan
e.
organ yang digunakan
9)
Menjelaskan
Indikator soal: Menjelaskan keunggulan dari kultur
jaringan.
Kultur jaringan merupakan metode yang terbaik saat
ini untuk mendapatkan bibit tanaman yang bebas penyakit karena virus, jamur,
maupun bakteri. Hal ini dikarenakan....
a. keturunan yang dihasilkannya bervariasi
b.
jumlah keturunannya banyak dan seragam
c. perlakuannya serba steril
d. sifat-sifat keturunannya sama dengan induknya
e. menghemat waktu dan tempat
Soal
C3 (Menerapkan)
10)
Melaksanakan
Indikator soal: Menentukan rasio hasil persilangan monohibrid
Tanaman kacang ercis berbatang tinggi disilangkan
dengan kacang ercis berbatang pendek. F1 semuanya berbatang tinggi.
Kemudian F1 dibiarkan mengadakan pernyerbukan sendiri. Hasil yang
diperoleh yaitu F2 yang berbatang tinggi dan berbatang pendek dengan
perbandingan ….
a. 1 : 3
b.
3 : 1
c. 1 : 3 : 1
d. 1 : 2 : 1
e. 1 : 2 : 3
Soal C4 (Menganalisis)
11)
Mengorganisir
Indikator
soal: Mengaitkan defisiensi terhadap
suatu zat makanan dengan penyakit yang ditimbulkan.
Uji
biuret pada suatu produk makanan menunjukkan hasil negatif (tidak timbul warna
merah atau ungu). Apabila produk makanan tersebut dijadikan sumber makanan
satu-satunya, maka akan menimbulkan....
a. penyakit kwashiorkor
b.
gangguan penyerapan kalsium
c.
gangguan transportasi vitamin A, D, E, dan K
d.
penyakit marasmus
e.
pH darah tidak stabil
Soal
C5 (Mengevaluasi)
12) Memeriksa
Indikator
soal: Menilai pernyataan mengenai
terjadinya kembar siam.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
Anak kembar siam dapat terjadi karena hasil
pembuahan antara dua spermatozoa dengan dua ovum. Sebab sel-sel hasil pembelahan zigot tidak
mungkin memisah menjadi dua bagian dan masing-masing berkembang menjadi fetus.
Bagaimana pendapat Anda tentang pernyataan di atas?
Apakah sudah benar? Jika belum,
kemukakan alasan Anda!
Pada pernyataan di atas terdapat kekeliruan. Kembar
siam bukan berasal dari hasil pembuahan antara dua spermatozoa dengan dua ovum
melainkan berasal dari sebuah ovum yang dibuahi oleh sebuah sel spermazoa dan
membelah secara mitosis. Nantinya sel-
sel hasil pembelahan zigot yang membelah secara mitosis menjadi dua bagian
tersebut masing-masing berkembang menjadi fetus.
Soal
C6 (Create)
13) Membuat
Indikator soal:
Membuat pembahasan berdasarkan tabel hasil pengamatan laju transpirasi
yang disajikan.
Perhatikan data di bawah ini!
No
|
Kondisi
|
Waktu
|
Kecepatan
|
Jarak gelembung yang dihasilkan
tanaman Coleus (mm)
|
1.
|
Meja
Praktikum
|
5
menit
|
0,00053
mm/s
|
0,16
|
2.
|
Kipas
angin
|
5
menit
|
0,00057
mm/s
|
0,17
|
3.
|
Cahaya
matahari
|
5
menit
|
0,00067
mm/s
|
0,20
|
Berdasarkan data di atas, buatlah pembahasan
mengenai laju transpirasi yang terjadi pada 3 kondisi tersebut!
Dari hasil pengamatan tersebut, pada kondisi di meja
praktikum dalam waktu 5 menit gelembung yang dihasilkan tanaman Coleus menempuh jarak 0,16 mm. Berarti
kecepatan transpirasi tanaman Coleus
pada kondisi ini sebesar 0.00053 mm/s. Sedangkan pada kondisi di depan kipas
angin gelembung menempuh jarak 0,17mm selama 5 menit (=300 s) sehingga
disimpulkan bahwa kecepatan transpirasi pada kondisi ini yaitu sebesar 0.00057
mm/s. Dan untuk kondisi di bawah cahaya matahari dalam waktu 5 menit gelembung
mencapai skala 0,20 mm yang berarti kecepatan pada kondisi ini yaitu 0,00067
mm/s.
Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat
disimpulkan bahwa kecepatan transpirasi berlangsung sangat cepat di bawah
cahaya matahari dan berlangsung sangat lambat di meja praktikum (di dalam
ruangan).
Jadi laju transpirasi berdasarkan data di atas
dipengaruhi oleh suhu, kelembaban, cahaya, dan angin.
SOAL
URAIAN BESERTA SK, KD DAN RUBRIK PENSKORAN
1)
Soal C1
Standar
Kompetensi: Memahami penerapan konsep dasar dan
prinsip-prinsip hereditas Kompetensi
Dasar : Menerapkan prinsip hereditas
dalam mekanisme pewarisan sifat
Indikator
soal:
Menyebutkan pengertian dari salah satu persilangan menurut Mendel.
Soal:
Apa yang dimaksud dengan persilangan monohibrid?
Persilangan monohibrid adalah suatu persilangan
dengan satu sifat beda.
Rubrik
penskoran: Skor maksimal 2
2) Soal C1
Standar
Kompetensi: Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan
pada tumbuhan
Kompetensi
Dasar : Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh
faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Indikator
soal:
Menyebutkan hormon yang terdapat pada tumbuhan
Soal:
sebutkan 5 macam hormon pada tumbuhan!
Auksin, giberelin, sitokinin, gas etilen, asam absisat,
kalin, dan asam traumalin.
Rubrik
penskoran: skor
maksimal 5 (sebab maksimal menjawab 5 macam hormon sehingga satu hormon yang
disebutkan mendapat poin 1)
3 komentar:
untuk c5 dan c6 materi sistem pencernaan apa tidak ada?
Arigatou vina-san :)
Posting Komentar